Mau jualan lancar… ya stok harus ready… :D

image

Juragan semua… Kerja di bidang farmasi untuk kelasan kroco mumet kayak saya kalo udah minggu ke tiga atau akhir bulan gini bener2 bikin produksi ketombe makin berlimpah ruah… Kerja dengan target yg ditentukan perusahaan bila pencapaian sampai akhir bulan belum 70% bener2 bikin pengen menumpahkan air mata ini di pelukan briptu eka frestya…๐Ÿ˜ณ
Keadaan diperparah tidak tersedianya produk di distributor yg mana disebabkan estimasi penyediaan produk yg kurang terkontrol… sehingga terjadi pendingan order otlet karena barang di distributor habis sementara barang kiriman pabrik belum datang… whoaaaaa gimana target mau terpenuhi kalau jualan lancar tapi barang yg di jual ga tersedia…๐Ÿ‘ฟ
Kalau sudah begini jangan salahkan ya kalau target ndak tercapai 100%…
Dan saya rasa efeknya pun ndak cuma itu… ketidak tersediaan barang bisa membuat konsumen kecewa dan bisa beralih ke warung sebelah… fiyyuuh bener2 produk yg laku harus dibarengi ketersediaan stok yg memadai supaya konsumen ndak beralih ke produk lain… estimasi harus benar2 tepat kalo mau jualan lancar dan tidak mengecewakan konsumen… Juga kelancaran koordinasi kerja antara pabrik dan distributor juga harus maksimal…

Wellcome to the jungle…๐Ÿ˜€

30 responses to “Mau jualan lancar… ya stok harus ready… :D

  1. Wah..ribet juga ternyata.barange payu nganti inden mumet,barange ra payu nganti numpuk2 yo mumet.eh,yen toko obat biasane akeh parasetamol ding..

  2. bro terong,

    forecast dari sales ke pabriknya akurat ngga bro ?
    imho, kalo dari pengalaman pribadi saya, justru yg sering membuat kasus ini terjadi adalah forecast dari sales sendiri yg ngga akurat.

    padahal pabrik kan biasanya ada target utk menjaga level inventory serendah mungkin, ditambah ada bahan-bahan baku yang biasanya leadtime pesannya bisa sampe 90 hari.

    kalo forecastnya ngga tepat, ya tentu saja supply barang dari pabrik bisa tersendat-sendat…
    ibaratnya kalo team sales sebagai ujung tombak, bisa berubah haluan secepat speed boat, maka pabrik bisa berubah haluan dg kecepatan kapal induk (yg lebih lambat) karena constraint2 yang saya sebut di atas (terutama adanya leadtime pesan material yg lama).

    cmiiw.

    thanks & salam kenal

    • Biasanya diambil rata2 penjualan 3bulan plus di mark up 20%…. yg jd masalah kalau pengiriman dr pabrik ga sesuai dgn estimasi atau terjadi kekosongan bahan baku otomatis pengiriman tidak full atau tersendat penjualannya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s