Juragan sekalian, Terong amnesia iseng2 buat suatu diagram batang tentang ke-value-an suatu produk yg mudah2an dapat memudahkan kita untuk menilai seberapa value yg kita dapat dari produk yg sudah kita bayar.
Untuk korban pertamax, tentu si “Gambot” Kawasaki zx 130 yg jadi tunggangan keseharian guenya dalam segala aktifitas.
Disini parameter yg kita orang nilai adalah harga vs power vs torque vs top speed vs fuel cons vs design dr mongtor yg jadi korban di sini…
Untuk harga data yg saya pakai adalah harga sewaktu saya beli mongtor itu OTR. Hal ini karena yang jadi korban saat ini adalah mongtor saya sendiri. Untuk artikel lain korban yg lain pula data yg saya pakai nantinya adalah harga OTR dari dealer saat artikel di publish.
Power dan torque data saya ambil dari sini. Top speed dan fuel cons saya ambil dr pengalaman dengan kondisi mongtor masih standard pabrikan.
Design saya nilai sendiri dengan tampilan fisik dan fitur2 yg disandangnya, jd sifatnya subyektif. Disini juga saya tegaskan untuk design nilainya bisa berubah bila nanti pada artikel lain di compare dengan produk lain.
Nah ini dia…
Kesimpulan: untuk harga 13.65 juta pada ZX 130 (tahun 2008)kita dapatkan power 9.79 HP (7.2 kW) @ 7500 rpm dan torque 11 Nm (1.12 kg-m) @ 5500 rpm. top speed yg diraih 120 kpj dengan konsumsi bbm premium berkisar 47 kpl… untuk design saya kaseeeh 7.5 dah… cukup khan
Silahkan kasih saran pendapatnya… sekian dari saya, semoga berguna…
Btw, boleh pijet gambarnya kalo kurang jelas… bisa membesar lho…
Here I go again…
Salam cihuy…
selamat sore pak terong…
absen aja..
monggo… duduk barisan pertamax…
new shogun 125 sy jg tolong dianalisis, dulu 2008 beli 14,1jt
sip… ntar di compare ya… 😈
belakang masih teromolll,,,
kurang racy
*mental FBH
teromol mania… 😈
fitur oke
bagasi oke.
Coba bentuke kaya skywave ata nuovo. Top!
pengennya bentuk mirip kawasaki ER-6n… xixixi ngimpiiii
kunjungan pertamax ke warung om terong
salam kenal dari motken om
boleh kenalan ama yang di gravatar om ga? siapa namanya?
ada no hp?
nitip lapak om: The Gladiator VS The Roman Emperor
http://motorkencang.wordpress.com/2011/02/20/michel-fabrizio-berganti-julukan-menjadi-the-gladiator-mampukah-menundukkan-the-roman-emperor/
sip menuju tkp… 🙂
si gambot bobot berapa om?
Handling?
berat kosong 109kg… kalo inyong nangkring disitu ya bisa nambah 80%an… xixixi 😳
buat handling… manstaf cukup stabil buat kecepatan tinggi ndak megal megol…
tak kira pareto nggo nguji mutu produk
harap maklum oom… 😳
Satu kata bro mantapppppppppppppppppppppppppppppppppppppppppp zx tiada duanya
kalo mantaf sih iya… xixixi
tapi kalo tiada duanya sih enggak… cek aja ke dealer kawasaki terdekat masih ada yg jual kok…
cocok buat terong yang buncit
hush…
ikut absen disini ah
manggos…
ZX sampean masih mulus bro, punyaku 2006 akhir, posisi tebeng /cover headlamp sdh kulepas,ini akibat getas dan mudahnya plastik retak shg pada mrotholi. Ditambah patahnya unit kunci kontak, yg ternyata harga barunya Rp 400rebuan.
benul kualitas plastiknya kurang sip… jd getarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr….
apik apik apik *pak bambang mode
KEKKKKKKKKK 😆
Salam kenal bro..
Ulasannya menggelitik dan menggoda..
Maknyus tenannnn, cuman sayang bro.. Pasar di kelas bebek tidak ngejar kencang semata… IMHO.
bebek lebih ke fungsi, kepraktisan, dan ekonomis… kencang adalah bonus… (di ZX130 menurut saya lumayan lha relatif dapet semua )
Salam kenal bro Terong..kebetulan ane juga penunggang ZX130..mmg mantaf,g bakalan rugi..istri sya jg ternyata seneng juga..makin disayang nech..mampir ke group ZXSC di Fb kami..
sip bro.. meluncur ke tkp… udah gabung belon ya… kalo ZRC sih udah…
artikel bagus bro Tommy…..
setuju….zx, motor yg high value…istilahnya “semuanya dapet”…..:D
speed, fungsional, stabil, irit, stylish design, ergonomis.
kelemahan paling ketersedian spare part d daerah2 pelosok.
klo hrga jual mnurut ane sama aja dgn merek2 lain…cek bebek dgn usia 5 thn udah pd jatoh semua…:)
yoi ga semua toko spare part nyediain… kemaren cari drive chain set juga ga semua toko sedia…
drive chain set tuh = gear + rante? kalo benar, ukurannya 14/42 420, gir depan 14, gir blakang 42, rante 420 (bisa pake punya Honda Karisma).
benul boss…
iki piye maksudte??
opone… diagram batang ke-value-an? ntar keliatan kalo di compare… iki sek percobaan nganggo motore dhewe…
Pingback: Dita Leni Raffya « Banyumasan Wordpress·
bro skala atas sama bawahnya perlu dikasih tau patokan angkanya gimana, misalnya dilihat dari motor2 bebek indo paling mahal ap, harga FU/CS-1 bisa jadi patokan angka skala atas, trus skala bawah pake harga motor apa gitu yg murah, vega ato apalah.
begitu juga dengan power dan seterusnya
kalo dirasa misalnya dibandingin sama FU kurang ngena karena FU mesin DOHC coba bandinginya sama SOHC aj, dll
pada akhirnya memang agak susah kalo bikinnya model diagram begini… jadi rancu bro 😀
tapi ane apresiasi usaha ente… silahkan disempuranakan agar lebih baik :thumbup:
emang nantinya mau bikin yg di compare… thanx buat sarannya…
karo satria 120 r kenceng mana pak de? 😀
tergantung sogokannya… xixixi
nitip xcd125, mhon d anal isis juga kang!
ganti kamprat zx 130 tuh susah ya gan???
3tahun pake km dah diatas 50rb belum ganti…. Jd sy belom tau…. Coba join group zx 130 di fb…